Papanya Aurel Tjeme...

Papanya Aurel Tjeme...

Rabu, 28 Desember 2011

Catatan Kecil dari Sejarah Kerajaan Boawae

Ceritanya kurang lebih dimulai dari seperti ini; Mite Uda memiliki adik kandung yang bernama Lali Uda, Lali Uda turunan terakhirnya adalah Om Lambert Lali Uda sekeluarga. Sejarah mencatat bahwa Mite Uda adalah tangan kanan Oga Ngole Raja Nage pada waktu itu, Mite Uda oleh Oga Ngole diminta untuk menikahi Bupu Dheku yang oleh Oga Ngole sebelumnya diambil sebagai istri namun tidak disetujui oleh para istri lainnya. Pada waktu diperistri oleh Mite Uda ,Bupu Dheku sudah dalam keadaan hamil anaknya Oga Ngole dan anak itu selanjutnya dikenal sebagai Adjo Bupu. Mite Uda dan Bupu Dheku tidak memiliki anak.Namun demikian Mite Uda memperlakukan Adjo Bupu darah daging Oga Ngole sahabatnya sebagai anak kandungnya sendiri. Adjo Bupu tidak memiliki anak yang terlahir normal kecuali Ema Gaba (almarhum) yang memiliki cacad mental. Mengingat tidak ada lagi turunan langsung Mite Uda yang mendiami rumahnya maka rumah dimaksud didiami Om Lambert Lali selaku turunan langsung dari Lali Uda adik Mite Uda. Demikianlah kira kira ceritanya
Mengenai silsilah keluarga yang mendiami kampung Wajo Oja Atu ( nama asli kampung Boawae) yang oleh pemerintah kolonial Belanda dipercayakan memerintah suatu wilayah kekerabatan Nage kemudian Nagekeo kurang lebih seperti ini. Mengenai Jago Dede beserta Putrinya Wea Jago tidak saya singgung pada kesempatan kali ini karena ceritanya cukup panjang, saya mulai saja dengan Oga Ngole. Oga Ngole dilahirkan dari pasangan Dapa Gu dan Ngole Mola. Ngole Mola adalah saudari kandung dari banngsawan Wolopogo Seke Liu ( Turunan langsungnya adalah Bapak Piet Nuwa Wea mantan Bupati Ngadha ) Seke Liu adalah orang yang pertama kali ditawarkan pemerintahan kolonial untuk menjadi Raja Nage pada waktu itu namun beliau menolaknya dan merekomendasikan keponakannya yang bernama Oga Ngole. Oga Ngole selanjutnya menikahi beberapa putri bangsawan yang pertama Azi Bha putri kandung Seke Liu, selanjutnya Ea Tawa saudarinya Waso Ea bangsawan dari Aja Ola ( sekarang dikenal dengan Raja ). Dari hasil perkawinan antara Oga Ngole dan Ea Tawa lahirlah Juwa Dobe Ngole Raja Nagekeo yang pertama dan terakhir. Juwa Dobe Ngole menikahi beberapa putri bangsawan dari wilayah keo tengah dan mbay yankni Ine Danga putrinya Rae Sape dari Danga,Ine Wae putrinya Bhoko Lora dari Ma'u Ara dan Ine Fatima Bay Ama putrinya Daeng Boras dari Mbay. Juwa Dobe Ngole dan Ine Danga tidak memiliki turunan, Juwa Dobe Ngole dan Ine Wae menurunkan 2 orang putra yakni Karel Oga Ngole (Alm) dan Epheradus Dhoy Lewa, Juwa Dobe Ngole dan Ine Fatima Bay Ama menurunkan 2 orang putra yakni Lodowyk Djago Dede (Alm) ayah adik saya Marselinus Adjo Bupu dan Emiel Waso Ea (Alm) ayah saya Yosef Juwa Dobe Ngole he he he he he he he . Disamping itu Juwa Dobe Ngole menikahi juga Ine Wula Dhema dari Wolopogo,Ine Dadi dan Ine Etha Dhaja dari Hobo Padu.Kalau kita memperhatikan hal itu jelas terlihat bahwa kita semua bersaudara. Molo kobhe modhe.
Sekedar info tambahan Oga Ngole memiliki sejumlah sahabat yang selalu bersama ke mana mana yang sempat saya rekam antara lain Ta'a Mbhako dari Nuamuri, Aja Eku dari Pau Tola, Mengi Wio dari Soba Ndora,Kaka Djupa Raja Nangapenda, Nuwa Wea dari Oja, Mhia Wea ipar dari Wolopogo,Oga Wona ipar dari Nunukae,Leo Jere ipar dari Rowa,Mite Oli dari Talo Mema Rega,Ba'i Yewa dari Toto serta sang economist Pua Upa dari tonggo he he he he dan satu lagi Waso Ea ipar dari Aja Ola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan para sahabat mengomentari dan terimakasih